Inilah 11 Prioritas Indonesia Tahun Depan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan pidato Presiden RI terkait Rancangan Undang Undangan tentang APBN 2012 besar Nota Keuangan di depan Rapat Paripurnan DPR. Dalam rencana kerja pemerintah (RKP) tahun 2012 pemerintah memiliki 11 prioritas nasional.

Menurut SBY, untuk mencapai sasaran pembangunan jangka pendek dan menengah di tahun mendatang, kebutuhan belanja negara bertambah besar. Pengalaman menunjukkan, lanjut SBY, komposisi anggaran belanja negara hingga saat ini, masih didominasi belanja wajib seperti belanja pegawai, sebagian belanja barang, pembayaran bunga utang, serta berbagai jenis subsidi dan transfer ke daerah. 

"Kondisi itu menyebabkan dana yang tersedia bagi pelaksanaan berbagai program dan kegiatan pembangunan lainnya yang lebih produktif, menjadi terbatas," katanya di DPR, Selasa, 16 Agustus 2011.

Yudhoyono meminta kepada seluruh jajaran pemerintahan, baik di pusat maupun di daerah, agar mengelola APBN dan APBD secara lebih cermat, transparan, dan akuntabel. Dari sisi penerimaan, pemerintah harus mampu meningkatkan sumber-sumber pendapatan negara dan pendapatan asli daerah, agar kapasitas fiskal kita semakin kuat. Dari sisi belanja, kementerian harus dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas belanja, baik belanja APBN maupun belanja APBD. 

"Kebocoran anggaran tidak boleh terjadi. Setiap rupiah yang dibelanjakan, harus kita gunakan untuk kegiatan dan program yang benar-benar produktif, dan mampu memberikan nilai tambah sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat"

SBY mengatakan tema pembangunan nasional pada RKP Tahun 2012, yaitu: “Percepatan dan Perluasan Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas, Inklusif dan Berkeadilan Bagi Peningkatan Kesejahteraan Rakyat”. Terdapat 11 prioritas utama yaitu:
1. Reformasi birokrasi dan tata kelola 
2. Pendidikan
3. Kesehatan
4. Penanggulangan kemiskinan  
5. Ketahanan pangan
6. Infrastruktur
7. Iklim investasi dan iklim usaha
8. Energi
9. Lingkungan hidup dan pengelolaan bencana
10. Daerah tertinggal, terdepan, dan pasca-konflik
11. Kebudayaan, kreativitas, dan inovasi teknologi.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Download Gratis Sampai Kapanpun 2011-2012 | Design by Blogku | Support by Bagus International Corporation