Gara-Gara Sampah, Indonesia Kalah dari Malaysia


MASIH banyak kendala ditemui dalam upaya mengembangkan pariwisata Indonesia, Salah satunya adalah permasalahan sampah yang sangat mengganggu wisatawan.

Hal tersebut diungkapkan Wulung Damardoto, bikers yang mengelilingi 24 provinsi dalam program Indonesia Exploride.

“Selama perjalanan 24 provinsi, saya melihat jelas pemerintah tidak pernah serius dan konsisten dalam mengatasi permasalahan sampah. Ini terlihat dari sesampainya saya di Pualau Weh. Di sana, banyak sampah menumpuk. Padahal, perjalanan cukup jauh untuk datang ke sana,” tuturnya, Minggu, (24/7/2011).

Ia menyarankan, pihak swasta dilibatkan untuk mengatasi permasalahan sampah. Bila tertangani dengan baik, bukan tidak mungkin pariwisata Indonesia bisa menyaingi Vietnam dan Kamboja bahkan Malaysia yang saat ini berkembang sangat pesat.

“Setelah swasta dilibatkan, lalu buat sebuah lembaga yang mengatur setiap segmen pariwisata agar pariwisata di Indonesia bisa menghasilkan devisa yang banyak. Sebenarnya, pariwisata Indonesia bisa melebihi Vietnam bahkan Malaysia asalkan masalah sampai diatasi dengan sungguh-sungguh,” tandasnya.

“Keindahan alam yang dimiliki Indonesia sangat menarik untuk dieksplorasi, mulai dari daratan hingga kedalaman laut. Keindahan itu tidak dimiliki negara lainnya. Sehingga sudah sepatutnya kita jaga dan kembangkan,” tutupnya.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Download Gratis Sampai Kapanpun 2011-2012 | Design by Blogku | Support by Bagus International Corporation