Olahraga 15 Menit Sehari Bisa Perpanjang Umur 3 Tahun

img
Olahraga adalah salah satu kunci sehat agar Anda dapat memiliki umur yang panjang. Bahkan dengan hanya 15 menit olahraga per hari, sudah dapat memperpanjang umur hingga 3 tahun.

Kebanyakan orang berjuang melakukan pedoman standar olahraga dengan 30 menit sehari dan lima hari dalam seminggu. Dengan standar ini, masih banyak orang yang merasa sulit dan tidak memiliki waktu untuk melakukannya.

Kini studi terbaru yang dilakukan Taiwan's National Health Research Institutes menemukan bahwa hanya dengan melakukan olahraga 15 menit sehari, Anda sudah bisa memperpanjang umur hingga 3 tahun.

Para ahli berharap dengan mengidentifikasi 'dosis' yang lebih rendah, lebih banyak orang akan termotivasi untuk melakukan olahraga dan bangkit dari sofa malasnya.

"Ini untuk pria, wanita, muda dan tua, perokok, orang sehat dan tidak sehat. Bagi dokter, ketika melihat beberapa jenis pasien, ini adalah satu ukuran yang cocok untuk semua jenis nasihat," jelas Chi Pang Wen, pemimpin studi dari Taiwan's National Health Research Institutes, seperti dilansir Reuters, Selasa (16/8/2011).

Dalam studi yang telah diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet, Wen mempelajari lebih dari 416.000 peserta selama 13 tahun untuk menganalisis catatan kesehatan dan melaporkan tingkat aktivitas fisik setiap tahun.

Setelah memperhitungkan perbedaan usia, berat badan, jenis kelamin dan berbagai indikator kesehatan yang berhubungan, peneliti menemukann bahwa hanya dengan 15 menit olahraga sedang setiap hari sudah dapat meningkatkan harapan hidup sebesar 3 tahun.

"Yang 15 menit pertama manfaatnya sangat besar," jelas Wen.

Latihan sehari-hari juga terkait dengan kejadian lebih rendah dari kanker. Wen mengatakan olahraga dapat mengurangi kematian terkait kanker dari 1 per sepuluh orang.

"Cepat atau lambat, Anda akan mati. Tapi dibandingkan dengan kelompok aktif, kelompok yang melakukan olahraga ringan memiliki pengurangan 10 persen kematian akibat kanker," kata Wen.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Download Gratis Sampai Kapanpun 2011-2012 | Design by Blogku | Support by Bagus International Corporation