Nokia Ubah Nama Ponsel


Haluan strategi Nokia untuk urusan penamaan ponsel kembali diubah dengan lebih mengandalkan pesona angka. Jadi nantinya, ponsel masa depan Nokia bakal dinamakan dengan tiga digit angka. Satu yang sudah diperkenalkan adalah Nokia 500.

Dalam postingan di blog resminya, Nokia mengaku bahwa produk-produknya akan menggunakan rentang angka 100 hingga 999. Angka pertama di kode tersebut memiliki arti dari sisi harga dan fitur.

Angka 1 (misalnya seri Nokia 100 kalaupun ada) menandakan seri ponsel yang bermain di level harga low end dan memiliki fitur terbatas. Di sisi lain, angka 9 untuk menunjukkan jika ponsel tersebut berada di kasta tertinggi.

"Jadi nanti Nokia 900* akan menjadi yang paling tinggi dan Nokia 100* menjadi pilihan yang paling terjangkau," tulis Nokia dalam blognya yang dikutip detikINET, Selasa (2/8/2011).

Kemudian, angka kedua dari deretan tiga angka tersebut memiliki arti dari sisi keunikan atau identitas dari masing-masing ponsel. "Jadi kami bisa merilis 99 model ponsel di kisaran seri 500 sebelum kami mencari pilihan nama baru, sebagai contoh," imbuh Nokia.

"Terus terang, kami menyukai (model) penomoran. Bukannya kami takut bereksperimen dengan mencoba sesuatu yang baru. Namun pada akhirnya, kami sadar bahwa penamaan ponsel lewat penomoran telah bekerja dengan baik," pungkasnya.

Di masa lalu, ponsel-ponsel keluaran Nokia sejatinya identik dengan sistem penomoran. Seperti seri 3210, 3330, 5110 dan lainnya. Namun itu masih menggunakan empat angka.

Kemudian di era ponsel pintar, vendor ponsel yang tengah menyiapkan ponsel Windows-nya itu beralih dengan menambahkan huruf depan sebelum diakhiri dengan nomor. Seperti E90, C5, X7, dan yang teranyar N9.

Skema penamaan ponsel model ini memiliki empat kategori, yakni C, X, E dan N. Lalu, setiap seri itu akan diberi nomor urut 1 sampai 9 setelah hurufnya.

Cara membacanya sederhana, 1 menunjukkan ponsel dengan fungsi dan kisaran harga paling rendah atau murah. Berturut-turut ini akan meningkat sampai ponsel dengan awalan 9 yang menunjukkan kelas tertinggi dengan fungsi dan harga yang sesuai (agak mahal).


Seri C, menampilkan jajaran ponsel dengan fungsi terbatas pada kemampuan yang paling inti.
Seri E, menampilkan jajaran telepon selular yang fokusnya pada pengguna bisnis dan produktivitas.
Seri X adalah ponsel Nokia yang memiliki fungsi utama pada hiburan (entertainment) dan sosial.
Seri N akan menjadi ponsel-ponsel Nokia yang paling canggih.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Download Gratis Sampai Kapanpun 2011-2012 | Design by Blogku | Support by Bagus International Corporation