Trojan Baru Facebook Tipu Pengguna Melalui Video


CALIFORNIA - Perusahaan penyedia keamanan internet telah menemukan sebuah sebuah trojan baru yang menggunakan 'tipuan' video ke pengguna untuk mengunduh antivirus palsu yang malah menginfeksi PC milik pengguna.

BitDefender, sebuah perusahaan penyedia layanan keamanan internet, telah menemukan sebuah ancaman internet baru yang menggunakan teknik canggih untuk meng-uninstall antivirus dari sistem pengguna.

Trojan yang bernama Trojan.FakeAV.LVT, menipu pengguna Facebook sehingga mereka percaya bahwa video mereka telah diposting di YouTube. Demikian seperti myang dikutip dari CBR, Selasa (26/7/2011).

Awalnya video tersebut nampak begitu meyakinkan, karena juga menyertakan beberapa komen dari teman pengguna di Facebook. Selain itu konten video YouTube palsu tersebut juga menuliskan nama panjang pengguna dengan benar.

Apabila pengguna coba untuk menonton videonya, maka Trojan akan menghimbau pengguna untuk menginstall versi update plugin Flash player, yang isi sebenarnya adalah antivirus palsu dengan malware dan botnet.

Setelah itu, antivirus palsu tersebut mampu 'menyamar' seperti 16 penawaran keamanan internet yang biasa ditemui. Selain itu, antivirus palsu juga meminta pengguna untuk reboot ulang sistem, demi menyelesaikan proses install.

Setelah diinstall ulang, antivirus asli di PC digantikan dengan replika palsu yang malah menginfeski PC untuk menyebarkan malware.

Catalin Cosoi dari BitDefender mengatakan bahwa Trojan.FakeAV.LVT sangat pintar dan juga mampu memalsukan hampir semua antivirus online yang ada di pasaran hari ini.

"Untuk melindungi ancaman-ancaman baru ini, BitDefender merekomendasikan untuk mengunduh update Flash melalui situs resmi Adobe, ketimbang melalui redirect link," ujar Cosoi.

"Jika Anda tidak yakin keaslian video tersebut di Facebook, maka hal terbaik adalah untuk langsung mengecek di YouTube dan melakukan pencarian keberadaan video tersebut di internet," pungkasnya.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Download Gratis Sampai Kapanpun 2011-2012 | Design by Blogku | Support by Bagus International Corporation