Google Harus Pasang Data Center di Indonesia


JAKARTA - Jika Google memang berniat serius untuk membangun kantor di Indonesia, perusahaan tersebut harus membangun data centernya di tanah air. Karena ini menyangkut beberapa kebijakan dan kepentingan yang digunakan oleh pemerintah.

Menurut Dirjen Aplikasi Telematika Kemenkominfo Aswin Sasongko sebuah perusahaan internasional yang ingin membangun tempat usahanya di Indonesia harus membuat data center, ini terkait dengan semua transaksinya jika memang perusahaan itu bergerak dibidang transaksional.

Lucunya, Kemenkominfo sendiri belum memiliki semacam peraturan khusus mengenai kewajiban perusahaan internasional dalam membangun data center. Karena peraturan tersebut masih digodok dan dalam tahap rancangan undang-undang.

"Regulasi data center memang belum ada namun kita sedang membuat rancangan peraturan pemerintah mengenai rancangan tersebut dan sedang menunggu harmonisasi dari kementerian terkait, saat ini rancangan tersebut ada di Kementrian Hukum dan HAM," ujar Aswin, di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (26/7/2011).

Aswin juga menambahkan bila sebuah perusahaan asing ada di indonesia dan melakukan transaksi elektronik di indonesia maka semua data transaksinya harus ada di indonesia. Ini tidak hanya berlaku untuk Google tapi untuk semua jenis usaha yang menggelar jasa transaksi elektronik.

"Ini dimaksudkan jika ada permasalahan hukum, maka penegak hukum harus memiliki akses untuk melihat data tersebut," tambahnya.

Namun demikian, dia menyatakan hal ini tidak akan menghambat rencana Google untuk membangun perusahaan di Indonesia. Masalah yang mungkin dibahas Google adalah kalau ingin menyimpan data disini, maka perusahaan tersebut harus menambah investasi untuk membuat server di indonesia. Tapi hal ini masih bisa disiasati dengan cara menyewa data server yang ada di indonesia.

Saat ini stakeholder, Kemenkominfo  dan tim kecil dari pemerintah sedang duduk bersama membahas tentang bagaimana peraturan  ini bisa berguna bagi kepentingan aparat penegak hukum dan kepentingan bisnis investasi di indonesia
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Download Gratis Sampai Kapanpun 2011-2012 | Design by Blogku | Support by Bagus International Corporation