Facebook Ajarkan Matikan Fitur Pengenal Wajah


Jakarta - Ketersediaan fitur pengenal wajah (face recognition) di Facebook menimbulkan masalah privasi baru. Kini, sang raksasa jejaring sosial berusaha mengatasinya dengan menampilkan running ads berisi petunjuk mematikan fitur tersebut.

Langkah ini dilakukan Facebook setelah tim dari Data Protection Working Party di Luxemburg, Jerman menyoroti fitur ini.

Data Protection Working Party adalah organisasi yang memberikan saran ke Komisi Eropa mengenai segala hal yang berhubungan dengan privasi. Dan untuk diketahui, negara-negara di Eropa dikenal sangat peduli akan privasi dan keamanan internet.

Facebook mengatakan iklan tersebut sudah aktif mulai pekan ini. Pengguna Facebook dapat melihat kotak di sisi kanan homepage yang menjelaskan fitur pengenalan wajah dan menyertakan link ke pengaturan privasi si pengguna.

Fitur pengenal wajah menjadi sorotan setelah firma keamanan internet Sophos melaporkan banyak pengguna Facebook yang tidak tahu kehadiran fitur tersebut. Pasalnya, Facebook memang telah memungkinkan opsi tersebut tanpa pemberitahuan bahwa fitur tersebut aktif.

Hal ini dinilai Sophos telah secara diam-diam melanggar privasi online para pengguna Facebook. Terlebih, ini bukan kali pertama situs jejaring sosial nomor satu di dunia tersebut didera masalah privasi.

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Download Gratis Sampai Kapanpun 2011-2012 | Design by Blogku | Support by Bagus International Corporation